Kegiatan

SKIPP’13….. TERLALU MANIS UNTUK DILEWATKAN

Study Kenal Industri dan Profesi Peternakan 2013 merupakan kepanjangan dari SKIPP’13. Sebuah event tahunan yang diselenggarakan oleh HMPT UNITRI untuk melaksanakan study banding sekaligus meretas kerjasama yang diselenggarakan bekerjasama dengan PS Peternakan UNITRI yang memiliki tujuan dan kepentingan sama. Kegiatan ini mengambil tajuk “HMPT Go To The West of Java”. Sebuah tajuk yang mendeskripsikan kegiatan SKIPP’13 kali ini menjelajah wilayah Jawa Barat.

Wilayah Bandung Raya dan Bogor Raya dipilih sebagai wilayah tujuan SKIPP’13 kali ini, dengan memfokuskan pada kegiatan study banding dan meretas kerjasama dengan Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Padjadjaran, Fapet IPB dan Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 27 – 30 Oktober 2013 ini, diikuti oleh 95 orang peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa. Kegiatan SKIPP’13 ini sangat berbeda karena pelaksanaannya kali ini menggunakan armada kereta api sebagai salah satu sarana transportasinya, khususnya untuk perjalanan Malang – Bandung PP. “…sebuah pengalaman pertama yang menyenangkan…” sebut Riadi, salah seorang peserta sekaligus panitia SKIPP’13 yang berasal dari Kalimantan Barat dan mengaku baru pertama kali naik kereta api.

Hal tersebut dipandang oleh Evy Ridho Zhohirin, selaku ketua pelaksana (Ketupel) SKIPP’13, merupakan salah satu tujuan dari pelaksanaan SKIPP’13 ini adalah untuk mengajak mahasiswa PS Peternakan UNITRI merasakan pengalaman naik kereta api, terutama bagi mahasiswa yang belum pernah naik kereta api. Namun, hal tersebut tidak sampai melupakan tujuan utama dari SKIPP’13 ini untuk study banding dan meretas kerjasama. Untuk kedua tujuan tersebut, kegiatan SKIPP’13 ini membawa hasil positif dengan keterbukaan ketiga instansi (Fapet Universitas Padjajaran, Fapet IPB dan BIB Lembang) untuk menerima kegiatan study banding dan sekaligus kerjasama dalam rangka Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan PS Peternakan UNITRI. Sebagai pelengkap kegiatan SKIPP’13 ini ditutup dengan malam keakraban dalam rangkaian “Night Camp” di bumi perkemahan Ciwidey. Pada kegiatan tersebut dilakukan beberapa atraksi kelompok peserta SKIPP’13 untuk meningkatkan keakraban dan kebersamaan antar semua peserta, baik dari dosen maupun mahasiswa. Yosep Uran, yang akrab dipanggil “Joey”, sebagai Ketua Umum HMPT periode 2012 – 2013 mengemukakan bahwa kegiatan SKIPP’13 ini sebagai program kerja terakhir yang kenangannya terlalu manis untuk dilewatkan dan dilupakan……

No comments yet! You be the first to comment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *