Berita

BUKAN MAGANG BIASA

Kenali Jati Dirimu, Kenali Profesimu, itulah tema untuk pelaksanaan Magang Profesi 2014 Himpunan Mahasiswa Peternakan (HMPT) Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, yang diikuti oleh seluruh mahasiswa PS Peternakan semester 1. Seperti pada temanya, magang ini merupakan bagian dari program kerja HMPT sebagai bagian dari upaya pengenalan keilmuannya bagi mahasiswa baru PS Peternakan. Sebagai mahasiswa baru yang notabene masih “hijau” mengenai ilmu peternakan, disinilah ketidakbiasaan magang tersebut.

Tujuan utama kegiatan ini, sebagaimana disampaikan  oleh Anzelmus Keze selaku ketua umum HMPT, tidak hanya beorientasi pada pengenalan peserta terhadap dunia peternakan, tetapi juga membelajarkan mahasiswa mengenai dunia sosial kemasyarakatan para peternak. Tidak kalah penting, magang ini merupakan ucapan ”selamat datang” kepada peserta untuk menjalani profesinya nanti sebagai seorang yang bergelut pada dunia peternakan. Menurut Pipin Plantini, salah satu peserta yang berasal dari Kalimantan Barat mengatakan,”ini merupakan pengalaman magang yang pertama bagi saya, dan untuk kali pertama magang yang saya lakukan ini sungguh sangat mengesankan, cinta saya terhadap dunia peternakan semakin mantap dan yakin”. Hal yang sama dirasakan oleh peserta lain, dan magang kali ini menjadi kebanggaan keluarga besar PS Peternakan Unitri.

Ketidakbiasaan yang lain, seperti disampaikan oleh Marthinus Katanga Hay selaku ketua pelaksana panitia kegiatan ini, adalah adanya kegiatan outbond bagi peserta yang bekerjasama dengan kelompok pemuda wisata desa Poncokusumo. Kelompok pemuda wisata ini merupakan bagian dari POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) desa Poncokusumo. Outbond ini merupakan salah satu wujud pengenalan bersosialisasi dengan masyarakat yang dilakukan dalam rangkaian kegiatan Magang Profesi 2014 kali ini. Wujud yang lain adalah kegiatan kerja bakti penanaman tanaman taman desa. Rangkaian kegiatan Magang Profesi 2014, yang semacam ini menjadikan kegiatan ini bukan magang biasa…

No comments yet! You be the first to comment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *