Berita

Pekan Kreatifitas (PENTAS) HMPT 2013

Tajuk yang dirasa pas untuk mendeskripsikan program “kejutan” yang dimunculkan oleh HMPT kali ini. Dipandang kejutan karena kali ini HMPT membuat 4 kegiatan yang dirangkai dalam kegiatan 1 pekan yang diberi nama Pekan Kreatifitas (PENTAS) HMPT 2013, yang diselenggarakan mulai tanggal 19 – 22 Juni 2013. Keempat kegiatan tersebut yaitu :

  • KULTUM (KULiah Terbuka dan UMum)
  • FESBURA (FEStival BUku Rakyat)
  • PARAZIT (PARAde giZi hasIl Ternak)
  • GALAKSI (GALa dan AKsi ekspreSI)

Diantara keempat kegiatan tersebut, kegiatan GALAKSI yang tidak terselenggara dikarenakan disepakati untuk dilaksanakan bersama dengan panitia Dies Natalis UNITRI sebagai kegiatan Dies Natalis.

Rangkaian kegiatan PENTAS HMPT 2013 dibuka dengan acara KULTUM, yang merupakan kegiatan kuliah terbuka dan umum bagi seluruh civitas akademika UNITRI. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 19 Juni 2013 bertempat di GOR UNITRI dengan mendatangkan bapak Bambang Dwi Hartono atau biasa dikenal dengan Bambang D.H., yang pada kesempatan kali ini sebagai Calon Gubernur Jawa Timur. Beliau menyampaikan kuliah umum dengan tema “Karakter SDM Berdikari sebagai Modal dasar Pembangunan Perekonomian Mandiri Bangsa”. Tema ini kiranya tepat diangkat dikarenakan sesuai dengan tema kegiatan PENTAS HMPT 2013, yaitu “PENTAS HMPT’13 sebagai Ajang Inisiasi Pembangunan SDM Indonesia yang Unggul & Prestatif Berbasis Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS)”. Tema global yang sengaja diangkat oleh kegiatan PENTAS HMPT 2013 ini dikarenakan HMPT merasa bertanggung jawab untuk berperan secara nyata memberikan kontribusi untuk pembangunan SDM Indonesia melalui jalur Pendidikan Tinggi, hal tersebut diungkapkan oleh Yosep Uran selaku Ketua Umum HMPT periode 2012/2013. Ditambahkan lagi olehnya, yang juga mahasiswa berprestasi PS Peternakan UNITRI, acara PENTAS HMPT 2013 ini diharapkan mampu menjadi agenda tahunan HMPT yang akan direkomendasikan dalam Musyawarah Umum Anggota (MUA) HMPT UNITRI mendatang. Kegiatan ini sendiri mendapat respon yang luar biasa, tidak hanya dari civitas akademika UNITRI melainkan juga dari narasumber sendiri. Hal ini terbukti dari tangkai kegiatan KULTUM ini yang dihadiri tidak kurang dari 300 orang, terdiri dari : mahasiswa, jajaran Dekan UNITRI, dosen, staf dan Ketua Yayasan Bina Patria Nusantara Prof.Dr.Ir. Bambang Guritno serta Wakil  Rektor Prof.Dr.Ir. Eko Handayanto.

Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah FESBURA, yang merupakan kegiatan festival buku dengan harga terjangkau yang bekerjasama dengan PT. Gramedia Pustaka Utama sebagai penerbit dan sekaligus pengelola toko buku terbesar di Indonesia, yaitu toko buku Gramedia. Pada kegiatan ini disediakan bermacam-macam jenis buku, dari buku sains fiksi, sains populer, motivasi hingga novel, yang semuanya dijual berkisar harga Rp. 50.000,-. Kegiatan ini cukup mendapat respon positif dari civitas akademika UNITRI, ditinjau dari animo pengunjung tiap hari yang rata-rata 50 orang dengan 15% diantaranya menjadi pembeli.

Rangkaian kegiatan PENTAS HMPT 2013 yang terakhir dilaksanakan adalah PARAZIT, merupakan kegiatan kampanye gizi bagi anak SD dan juga bagi-bagi makanan bergizi asal olahan hasil ternak kepada tuna wisma dan anak jalanan di wilayah kota Malang. Acara ini merupakan kegiatan bakti mahasiswa sebagai wujud tanggung jawab terhadap pembangunan SDM Indonesia melalui pangan yang sehat dan bergizi, demikian disampaikan oleh Aji Jaya selaku ketua pelaksana kegiatan PENTAS HMPT 2013. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 21 Juni 2013 berlokasi di SDN Gading Kulon, desa Gading Kulon, kecamatan Dau, kabupaten Malang dan kawasan alun-alun kota Malang. Acara ini dimulai pada pukul 09.00 di SDN Gading Kulon, yang juga merupakan dusun lokasi peternak binaan PS Peternakan UNITRI, dengan membagikan paket nasi kotak berisi nasi+ayam goreng dan susu. Pada kegiatan ini dibagikan tidak kurang 130 paket. Acara dilanjutkan pada pukul 13.00 bertempat di kawasan alun-alun kota Malang dengan membagikan tidak kurang dari 70 paket kepada tuna wisma dan anak jalanan. Pada kegiatan ini, disiapkan tidak kurang dari 200 paket yang bebrapa bahan pendukungnya diperoleh dari beberapa pendukung kegiatan, diantaranaya adalah susu dari KUD Dau, sedangkan ayam dan berasnya mendapat sumbangan dari perusahaan kemitraan ayam di wilayah Malang Raya dan juga dari gudang beras yang namanya tidak ingin dipublikasikan.

Kegiatan PENTAS HMPT 2013 ini sendiri diharapkan mampu meningkatkan motivasi civitas akademika UNITRI, khususnya PS Peternakan UNITRI, pada sisi aksi-aksi kreatif yang mampu menunjukkan citra positif UNITRI sebagai institusi pendidikan tinggi yang komitmen dalam pendidikan untuk semua kalangan masyarakat. Di masa depan diharapkan aksi-aksi kreatif semacam ini bisa lebih sering dan secara periodik diselenggarakan oleh tidak hanya HMPT tetapi juga dari civitas akademika UNITRI yang lain. GO ACTION …..

No comments yet! You be the first to comment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *